Jenis Peluang Usaha yang Cocok di daerah Pedalaman

Jenis Peluang Usaha yang Cocok di daerah Pedalaman - Bisnis merupakan elemen yang sangat penting dalam kehidupan. Dianya mencakup banyak hal. Mulai dari anda bangun tidur hingga tidur lagi, anda bisa menemukan banyak sekali perkara bisnis yang bertaburan.

Dalam dunia bisnis, tidak luput dari pentingnya peran pelaku bisnis itu sendiri. Sebagai Controler, dia dituntut untuk mampu mempertahankan keseimbangan dan meningkatkan usahanya tersebut.

Jenis peluang bisnis yang sukses di daerah pedalaman

Keterangan : Foto diatas adalah seorang Guru yang mengajar disebuah Sekolah Dasar dari kampung yang saya tuju. Yang motoin juga bukan saya, tapi diambil dari Facebook. Namun area jalan di Foto itu saya masih ingat sekali..

Sebelum Memulai Bisnis, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Sebut saja contohnya Jenis usaha, Pangsa Pasar dan Lokasi yang strategis. Semua punya peluang bisnis dan jenis yang berbeda-beda pula.

Pada kasus ini,  jika anda tinggal ataupun ingin membuka usaha di daerah pedalaman, yang tentunya sepi dan kecil peluang untuk mendapatkan laba yang fantastis, apa yang perlu dipertimbangkan ?

Disini saya akan coba share beberapa
Jenis peluang bisnis yang sukses di daerah pedalaman.

1. Buka Bengkel Motor

Membuka usaha bengkel motor adalah salah satu peluang usaha yang saya rasa cukup menjanjikan untuk meraup laba besar dari daerah pedalaman. Ada beberapa alasan yang membuat saya menempatkannya pada poin pertama.

Yang pertama adalah, bengkel motor anda di daerah pedalaman akan jadi tujuan utama jika ada seseorang yang mengalami kerusakan motor. Wajar saya sering terjadi kerusakan. Karena biasanya, akses jalan menuju kesana rusak dan berbatu-batu tajam. Besar peluang kalau dia hanya akan mengunjungi bengkel anda.

Kenapa tidak ke bengkel orang lain ? Pikir saja, akan sangat sedikit orang yang mau membuka usaha bengkel di daerah pedalaman karena pastinya akan sepi pengunjung dan laba pun akan kecil.

Menurut saya, tanggapan seperti itu adalah Salah. Pasalnya, setiap ada pengendara yang melintasi daerah pelosok dan menemukan bengkel ada, setidaknya dia akan mampir.

Baca juga : Wajib ajukan pertanyaan ini ke diri sendiri, sebelum memulai bisnis

Kenapa mampir ? Mungkin ingin istirahat, merokok dan tentunya melihat kesiapan kendaraannya untuk melanjutkan perjalanan. Sebab dia pasti berpikir bahwa bengkel motor selanjutnya akan jauh bahkan mungkin tidak akan ada lagi.

2. Warung Kopi

Kenapa tidak warung eceran / grosir ? Kenapa tidak rumah makan ? Kenapa harus warung kopi ?

Penjelasannya begini. Warung kopi punya potensi yang besar untuk meraih laba di daerah pedalaman. Karena akan jadi tempat persinggahan para pengendara (yang datang dari bengkel tadi).

Jika anda membuka grosir, coba pikirkan. Siapa yang akan belanja ? Adakah pelanggan tetap anda ? Saya rasa tidak. Kemudian besar kemungkinan kalau laba usaha anda lambat laun akan menurun dan akhirnya gulung tikar.

Kemudian anda membuka sebuah rumah makan. Rumah makan biasanya identik dengan keramaian. Makanya akan jarang sekali kita menemukannya didaerah pedalaman ataupun lingkungan sepi.

Baca juga : 3 Elemen Penting dalam Bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah)

Alasannya simpel. Rumah makan hanya menyediakan makanan yang tidak akan tahan lama. Jika tidak segera dihabiskan, maka makanan-makanan tersebut akan terbuang dan tidak mendatangkan laba apa-apa.

3. Penginapan

Penginapan menjadi peluang usaha bagus yang ke-3. Karena kita juga akan sering menemukannya di daerah pedalaman.

Di lokasi keramaian seperti di kota, saingan dalam jasa penginapan akan sangat tinggi. Para pengunjung bisa dengan leluasa memilih jasa ini dengan mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya Harga, kelengkapan dan pelayanan.

Pada daerah yang terpencil, Penginapan akan berpotensi karena satu-satunya tempat istirahat di malam hari adalah disini. Tentunya mereka tidak akan mau jika harus tidur di tepi jalan yang begitu sepi di malam hari.

Walau tidak akan terlalu ramai, namun anda bisa mematok harga per-malamnya dengan sedikit tambahan dibanding penginapan yang ada di kota. Tenang saja, ini hanyalah sedikit perbedaan yang wajar.

Baca juga : Kesalahan FATAL yang sering dilakukan Pebisnis Amatir

Para pengunjung pun biasanya datang dari berbagai golongan, mulai dari Penjelajah Alam, orang yang punya lahan perkebunan atau pertanian hingga petugas Sensus penduduk.

PENJELASAN

Dari beberapa poin yang saya jabarkan diatas, semuanya berdasarkan pada PENGALAMAN SAYA SENDIRI yang beberapa minggu lalu mengunjungi suatu kampung di sebuah pedalaman.

Kebetulan saya mempunyai family yang tinggal di kampung tersebut. Saya mengunjunginya karena suatu keperluan sembari bersilaturahmi dengan keluarga jauh.

Di sepanjang jalan, 3 poin diatas saya temukan dan benar-benar saya amati. Mulai dari Bengkel Motor, warung kopi hingga penginapan sederhana.

TAMBAHAN : Oh iya, Titik Lahan usaha yang saya jelaskan diatas untuk anda yang akan membuka bisnis di sepanjang area perjalanan ke suatu kampung di pedalaman, bukan di dalam kampungnya.

Di tiga titik tersebut memang sedang Rame waktu itu. Ada yang tujuannya sama dengan saya, ada yang ke lahan perkebunannya, ada yang berburu dan mereka yang sedang menjelajahi keindahan alam.

DEMIKIANLAH penjabaran saya tentang beberapa Jenis peluang bisnis yang sukses di daerah pedalaman. Semoga bisa menambah wawasan dalam dunia bisnis dan terima kasih.

9 Responses to "Jenis Peluang Usaha yang Cocok di daerah Pedalaman"

  1. Ponakan saya buka bengkel motor mas, dan sekalian jualan kopi.... saya aja iri sama ponakan sendiri yang punya action kesitu.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap mas, itu adalah modal awal yang bagus, setidaknya skil dan keahlian dalam penjualan perlahan sudah diraihnya. Semoga sukses terus mas..

      Delete
  2. Mantap nih.. udah jadi juragan. Great

    ReplyDelete
  3. Wah, peluang sebetulnya ada di mana-mana ya Pak. Tergantung kita yang jeli atau tidak.

    ReplyDelete
  4. Kayanya penginapan paling cocok deh jadi peluang bisnis, apalagi daerah pedalamannya banyak tempat wisata, pastinya banyak banget tuh yang pengen nginep.. Kalau modal kecil, warung kopi bisa jadi salah satu solusi bagus ya kang buat bisnis kecil2an

    ReplyDelete
  5. Peluang bisnis yang sangat bagus untuk di geluti terutama daerah pedalaman
    saat ini sudah saatnya membuka lapangan pekerjaan terutama untuk diri sendiri dan tidak menutup kemungkinan bisa menjadi lahan pekerjaan bagi orang lain

    yang pasti butuh ketekunan dan kesabaran
    saya sangat ingin punya usahan penginapan kalau ada dilokasi yg disebutkan di atas

    ReplyDelete
  6. Ketiga pilihan jenis usaha diatas itu tepat banget dijalankan di daerah pedalaman.
    Cuma, karena namanya juga masih di lingkungan pedalaman, sebaiknya untuk selalu waspada karena tindak kejahatan kemungkinan besar masih tinggi adanya.

    Seandainya aku tinggal di pedalaamn, aku juga pasti akan buka warung kopi dilengkapi aneka jajanan.

    ReplyDelete

Buruan! KLIK DISINI untuk mendapatkan Sajian Renyah dan Menarik dari Rapikan.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel