4 Hal yang Harus Dilakukan saat Pertama kali Bekerja di Perusahaan

Ada beberapa hal yang harus dilakukan saat pertama kali bekerja di sebuah perusahaan.
Mendapatkan pekerjaan baru adalah hal yang ditunggu-tunggu oleh para pelamar kerja. Setiap mereka yang mengirim surat Lamaran pekerjaan, pasti menginginkan  pengajuannya diterima.

Dimana setelah surat lamaran kerja telah kita dikirimkan, maka inilah saat yang ditunggu-tunggu, yaitu Konfirmasi dari perusahaan tempat kita mengajukan lamaran.

Perusahaan hanya akan menyampaikan dua hal, pastinya sebuah penolakan atau penerimaan. Tentu saja para pelamar hanya mengharapkan disetujui akan lamarannya.

Jika diterima, Perusahaan akan terlebih dahulu menyebutkan tanggal dan tempat untuk menjalankan tahap Interview Kerja sesuai kebijakan perusahaan tersebut.

Dan setelah proses Interview selesai, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi, diterima sepenuhnya atau ditolak.

Jika diterima, biasanya akan menandatangani kontrak ataupun menempuh masa Training untuk kemudian diangkat jadi karyawan tetap.

Setiap perusahaan punya Kebijakan yang berbeda. Ada yang hanya sekedar Training saja (biasanya 3-6 bulan) dan ada juga yang hanya menerapkan  sistem Kontrak saja.

Tapi, Di perusahaan tempat saja bekerja sekarang ini, menerapkan sistem Training dan Kontrak (selama 2 tahun) sebelum akhirnya diangkat jadi Karyawan Tetap.

Saya telah menjalani kedua tahap tersebut dan sudah menyandang Status Karyawan Tetap terhitung sejak 1 Juni 2018 kemaren.

Kembali Ke Topik.

Ada beberapa poin yang (menurut saya) perlu dilakukan saat Pertama kali memasuki dunia Kerja di sebuah Perusahaan, baik itu Perusahaan Ekstraktif maupun Industri (Manufaktur).

1. Senyum lalu Sapa mereka

Tidak perlu merasa aneh saat anda harus tersenyum dan menyapa semua orang yang ada di lingkungan kerja baru anda. Ini sangat penting dan anda akan merasakan sendiri manfaatnya.

4 Hal yang Harus Dilakukan saat Pertama kali Bekerja di Perusahaan
Lihat saja mana yang Paling Tampan, itulah Penulis :P
Alasannya wajar saja. Anda hari ini berada di sebuah lingkungan yang "Antah Berantah", bahkan mungkin inilah kali pertama lingkungan itu anda singgahi.

Tersenyum dan menyapa semua orang yang ada disana akan menciptakan Pandangan positif dari mereka yang satu perusahaan dengan anda. Apalagi dikemudian hari mereka akan jadi Rekan kerja anda di perusahaan tersebut.

Poin penting lain yang anda dapatkan adalah, membuat diri sendiri dipandang sebagai orang yang punya kepribadian ramah, baik dan peduli dengan sesama rekan kerja.

Bayangkan jika di hari pertama kerja, kesan negatif langsung tersampaikan kepada mereka yang baru pertama kali melihat anda, dengan gaya anda yang sombong tidak punya Etika Baik dan cuek.

Sudah dipastikan bahwa mereka semua akan langsung menyatakan Tidak menyukai anda, padahal masih kesan pertama. Percayalah, kesan pertama adalah kesan yang akan selalu diingat sampai mati.

2. Perkenalkan Diri dan jangan Malu Bertanya

Di hari pertama anda bekerja, mereka yang ada disana tentu tidak akan mengenal siapa anda, darimana anda berasal dan mungkin berpikir apa maksut kedatangan anda ditempat kerja mereka.

Maka dari itu, segeralah melakukan interaksi langsung. Perkenalkan diri anda dengan sopan, dan jelaskan bahwa anda akan jadi rekan kerja baru mereka di perusahaan tersebut.

Jangan sampai mereka tidak mengenal anda dalam jangka waktu yang lama. Sebab, secara otomatis mereka pun akan menganggap anda sebagai orang asing yang sombong.

Tidak perlu menunggu mereka berbaik hati untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu. Anda harus sadar bahwa anda adalah orang baru di tempat yang telah mereka duduki selama bertahun-tahun.

Setelah perkenalan dilakukan. Bertanyalah tentang hal-hal yang menyangkut lingkungan kerja, daerah asal, apa yang bisa dilakukan dikala libur ataupun tempat nongkrong favorit di daerah perusahaan tersebut.

Jangan terburu-buru untuk langsung bertanya dan membahas soal cara untuk melakukan ini dan itu, Sebab kedepannya anda akan jadi terbiasa untuk selalu serius dan fokus dalam bekerja. Ingat, ini masih permulaan.

Memang tujuan utama anda adalah untuk Bekerja dan meraih pendapatan dan pengalaman, namun ketahuilah bahwa terlalu fokus kerja akan cepat mendatangkan rasa jenuh dan bosan. Kita juga butuh hiburan, setidaknya mengunjungi Pantai ataupun sekedar Karaokean.

3. Beradaptasi dengan Lingkungan sekitar Perusahaan

Pekerjaan baru, perusahaan baru dan tentunya lingkungan baru. Ini semua akan jadi hal yang canggung bagi anda, begitu juga yang saya rasakan saat pertama kali bekerja di sebuah perusahaan.

Beradaptasi dengan Lingkungan sekitar Perusahaan akan jadi sangat penting, apalagi jika anda tinggal di Perumahan yang disediakan oleh perusahaan tempat anda bekerja.

Mau tidak mau, anda akan tinggal bersama dengan banyaknya suku, agama dan etnis yang berbeda-beda dibawah naungan komplek perumahan tersebut.

Tidak hanya di lingkungan perumahan saja. Bagi Perusahaan yang letaknya tidak jauh dari penduduk pribumi, pendekatan pun sangat perlu untuk dilakukan.

Setidaknya untuk memperkenalkan dan meyakinkan mereka para pribumi bahwa anda datang lalu menetap di lingkungan mereka sebagai seseorang yang selalu menghargai Orang lain, tidak sombong, Peduli dan Ramah tamah.

4. Jalani dan Nikmatilah semuanya

Di awal-awal masa perjalanan sebagai seorang yang punya pekerjaan tetap, akan banyak sekali hal yang membuat anda berpikir dua kali. Kenapa demikian ?

Banyak perusahaan yang memberlakukan istilah "Training" kepada setiap pekerja baru. Nah, di masa-masa Training ini lah menurut saya yang menjadi momen paling "Bikin Capek" alias Menguras tenaga habis-habisan.

Mayoritas perusahaan yang menerapkan sistem ini, biasanya akan memberikan Job di luar Prosedur kerja, misalnya Gali / Bersihkan parit, cuci seng, bikin taman / tanam bunga yang banyak, nge-Cor lantai dan masih banyak lagi.

Tapi itu hanya sementara. Sebenarnya pihak perusahaan menjalankan program tersebut guna meninjau dan melihat Kesungguhan kita, apakah kita benar-benar ingin bekerja atau tidak.

Kuncinya Nikmati saja. Sesakit apapun itu, besryukurlah. Sungguh banyak diluar sana yang berharap berada di posisi anda kala itu. So jangan mengeluh dulu. Nikmati dan jalani saja step by step-nya dengan baik.

PENJELASAN

Seluruh poin dan penjabaran diatas adalah berdasarkan PENGALAMAN PRIBADI PENULIS yang saya lakukan dan alami saat pertama-tama memasuki dunia kerja, tepatnya di sebuah Pabrik Minyak Kelapa Sawit, pada tanggal 1 Juni 2016 yang lalu.

Jika ada tambahan, bisa menambahkan dimkolom komentar.

Baca Juga :
Alasan kenapa anda harus memulai Bisnis saat Kuliah
Kebiasaan para Pebisnis Online yang SUKSES

Semoga artikel ini bisa bermanfaat banyak bagi banyak orang, terima kasih dan sukses selalu.


1 Response to "4 Hal yang Harus Dilakukan saat Pertama kali Bekerja di Perusahaan"

  1. tambah poinnya mas
    1. foto - foto mas. hehehe
    2. Share medsos

    :D

    ReplyDelete

Buruan! KLIK DISINI untuk mendapatkan Sajian Renyah dan Menarik dari Rapikan.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel