Cara Mengatur Keuangan Pribadi dari Gaji Bulanan

Cara memanejemeni alur Keuangan pribadi dari Gaji bulanan yang diterima mungkin jadi problem yang cukup serius, berhubung keperluan yang semakin melonjak seiring perkembangan zaman dan teknologi.

Gaji adalah suatu bentuk pembayaran (biasanya) berupa uang melalui transaksi dari atasan ke bawahan dalam suatu kontrak kerja yang bersifat 'terikat'.

Sebenarnya, judul artikel ini adalah cara mengatur keuangan kita pribadi supaya gaji tidak lekas habis di awal bulan. Artinya, lebih terfokus kepada para pekerja, baik di perusahaan ekstraktif maupun manugaktur.

Saya sering mendengar beberapa keluhan yang mengatasnamakan "Gaji", dimana gaji yang diperolah cepat habis padahal masih awal bulan.

Kasus ini sebenarnya bukanlah sebuah keluhan, melainkan pilihan. Uang/gaji yang anda terima bisa diatur alurnya sebaik mungkin supaya bisa bertahan lebih lama, bahkan hingga tanggal gajian berikutnya.

Oleh sebab itu, disini saya akan menjabarkan beberapa Tips/Cara mengatur keuangan pribadi agar gaji tidak cepat habis sejak awal bulan.

Cara mengatur keuangan pribadi dari gaji yang diterima

1. Menabung

Menabung adalah cara paling efektif untuk menahan arus kas yang anda miliki. Menahan yang dimaksut adalah meminimalisir kemungkinan terbelanjanya uang/gaji untuk hal yang tidak begitu penting.


Anda bisa menabungkan uang di beberapa tempat, mulai dari Bank, Investasi hingga celengan di rumah. Jadi, sebelum mengunjungi Mall atau Pusat Perbelanjaan, sisihkan uang anda untuk ditabung ataupun keperluan mendesak nantinya.

Dengan cara yang seperti ini, anda tidak akan pusing bila uang yang anda pegang telah habis, setidaknya sangat ampuh untuk mengurangi kemungkinan terjadinya 'kehabisan dana' di awal gajian.

Bagi yang merasa susah untuk memulai kebiasaan menabung, saya punya beberapa Tips Jitu untuk memulainya, (Klik DISINI).

2. Mengatur skala/catatan Prioritas

Maksutnya adalah membuat sebuah catatan tentang kebutuhan yang wajib ada dengan sesuatu yang bisa dibeli lain kali.

Cara mengatur keuangan pribadi dari gaji yang diterima

Utamakan untuk membelanjakan uang dengan membeli hal-hal yang bersifat 'primer' misalnya Keteraediaan makanan dan kebutuhan yang anda anggap penting.

Pisahkan yang wajib dan tidak harus. Jika sudah, otomatis anda hanya akan membeli sesuatu yang bersifat wajib terlebih dahulu, setelahnya barulah beberapa hal yang mungkin anda anggap sekunder.

Jangan Lewatkan : Cara Jitu membiasakan diri untuk Menabung

Namun dalam kasus ini, jangan lupakan juga poin paling penting, yaitu Menabung.

3. Membuat Catatan Pengeluaran Harian

Anda bisa menyusun atau mencatatnya di ponsel, buku maupun catatan saku, pokoknya dimana yang anda rasa enak dan simpel untuk dimuat.

Cara mengatur keuangan pribadi dari gaji yang diterima

Membuat catatan pengeluaran harian ini akan membantu anda menganalisis alur keuangan dengan skala harian, sehingga semuanya akan terlihat jelas tentang apa saja yang anda beli dan apa yang direncanakan.

Baca juga : Strategi Ampuh dalam mengatur Keuangan pada Bisnis Kecil

Dengan metode sederhana ini, manajeman keuangan anda akan terkihat lebih indah. Dimana skala perbandingan antara pengeluaran dan dana yang tersimpan akan terdefinisi dengan jelas.

4. Dompet tidak perlu selalu Tebal

"Kadang 'Gengsi' merubah segalanya".
Begitulah ungkapan yang membuat banyak orang terpedaya oleh popularitas, hingga melupakan yang namanya "Kesederhanaan" dan "Keseimbangan".


Tidak perlu membawa uang dalam jumlah banyak di dalam dompet, cukup seperlunya. Misalkan anda ke Cafe minum kopi misalnya, untuk apa membawa uang ratusan ribu hingga jutaan di dalam dompet ?

Bila dikaji soal kemungkinan terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti 'dompet tercecer' misalnya, kerugian tentu akan semakin banyak. Yang rugi siapa ? Ya anda juga.

Simak juga : Cara KEREN Mengurangi sifat Boros

Dengan tips yang satu ini, otomatis pengeluaran anda akan terkontrol dengan baik, apalagi dalam hal membelanjakan uang untuk keperluan yang tidak bersifat mendesak/wajib misalnya.

Kesimpulan

Dengan 4 metode diatas, manajemen keuangan anda akan berjalan mulus dan terstruktur. Anda tidak perlu khawatir lagi soal gaji, pasti dia akan bertahan hingga setidaknya mendekati tanggal gajian bulan depan.

TAMBAHAN

Beberapa Tips diatas merupakan hasil pemikiran penulis sendiri, yang juga diterapkan dalam kesehariannya. Bila ada poin tambahan, bisa ditambahkan di kolom komentar. Terima kasih.


8 Responses to "Cara Mengatur Keuangan Pribadi dari Gaji Bulanan"

  1. Nah itu kak skala prioritas, kadang abis gajian merasa masih banyak duta jadi segala dibeli padahal ga prioritas dan ga penting, dan uang di dompet pun bener berpengaruh, kalau tebal2 suka pengen cepat2 ngabisinnya hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya dahulukan yang primer dan sederhanalah ­čĹŹ

      Delete
  2. makasih mas, memang mesti diperhitungkan dlm pemanfaatan penghasilan, repotnya kalo pengeluaran lebih besar dari penghasilan

    ReplyDelete
  3. No 4 udah gak mas, kan dah ganti kartu debit n kartu kredit. hehehe

    ReplyDelete
  4. Saya punya catatan pengeluaran harian. Itu memang membantu penghematan sih. Jadi tahu apa yang bikin boros.

    ReplyDelete

Buruan! KLIK DISINI untuk mendapatkan Sajian Renyah dan Menarik dari Rapikan.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel