7 Tips Presentasi yang Mantap bagi Pemula

7 Tips Presentasi yang Mantap bagi Pemula - Presentasi merupakan ajang terhadap penjelasan atau pengenalan sesuatu kepada orang lain. Presentasi sering terlihat disebuah sekolah, kampus dan instansi. Dalam kasus ini, presentasi akan punya peran penting terhadap suatu hal.

tips presentasi yang mantap

Presentasi umumnya akan dialami oleh semua orang, terutama yang pernah sekolah atau kuliah. Karena presentasi merupakan salah satu tema pembelajaran disana.

Hampir semua mata pelajaran dan perkuliahan akan memakai yang namanya presentasi.

Namun, mau tidak mau presentasi selalu saja menjadi hal yang benar-benar menakutkan bagi semua orang, apalagi belum pernah melakukannya sebelumnya.

Namun kali ini, Hakikat Bisnis akan mencoba menjabarkan 7 tips presentasi yang mantap bagi pemula.

1. Punya rencana yang jelas

Perencanaan merupakan peran yang sangat penting untuk presentasi yang sukses. Menguraikan struktur presentasi sangat diperlukan untuk memastikan semuanya yang lancar.

Format yang mengalir dan transisi alami antar topik akan memudahkan audiens untuk mengikuti dan mempertahankan pandangan dengan cakupan yang anda ulas.

Struktur yang terorganisasi dengan baik juga akan mempermudah Anda dalam mengunci keadaan supaya tidak menyimpang dari topik presentasi.

2. Olahraga dulu

Bahkan presenter yang paling berpengalaman-pun terkadang mengalami keresahan sebelum naik ke panggung.

Namun bagi hampir semua orang, ketakutan sebelum melakukan presentasi tampaknya menjadi penyakit yang serius. Salah satu cara untuk menghilangkan kegugupan adalah dengan berolahraga dengan teratur.

Berjalan atau berlari pagi sebelum presentasi berpengaruh besar dalam penyaluran energi Anda, menghasilkan endorfin dan membuat Anda merasa lebih percaya diri.

3. Hadir lebih awal

Sebelum presentasi, beri diri Anda waktu yang cukup untuk menyiapkan dan memeriksa kelengkapan Anda. Pastikan kesiapan teknologi berfungsi dengan benar. Sesuaikan pengaturan ruang kelas atau kantor untuk menciptakan suasana yang lebih ramah-pemirsa.

Uji suara jika Anda menggunakan mikrofon, atau berlatih berjalan ke area presentasi untuk terbiasa dengan tata letak ruangan.

Jika waktu masih cukup lama, lakukan uji coba presentasi untuk membantu Anda menjalankan presentasi dengan baik.

4. Atur peenapasan

Ketika energi saraf mengambil alih tubuh, detak jantung akan meningkat. Untuk menormalkan reaksi tubuh ini, ambil napas yang dalam namun terkonsentrasi.

Hal ini tidak hanya membantu tubuh Anda tenang dan pikiran fokus, tetapi juga membantu mengontrol gaya bicara Anda.

Jeda sedikit untuk memungkinkan diri menarik napas dalam-dalam dan sejenak untuk menyalurkan atau membangkitkan energi itu kembali.

5. Kuasai fase Pembukaan

Anda harus menangkap dan menjaga perhatian audiens pada 30 detik pertama presentasi Anda. Lewati saja dulu soal pengenalan dan tujuan presentasi.

Semua orang tahu mengapa mereka hadir. Sebaliknya, buka terlebih dengan cerita. Itu akan membantu audiens terhubung dengan topik secara emosional.

Ketika dilakukan dengan benar, cerita menarik akan merangsang pemikiran. Berceritalah sekitar 30 hingga 45 detik, kemudian Mulailah presentasi setelah situasi stabil selepas bercerita.

Tampilllah secara klimaks dan dramatis sebelum mengakhiri dengan tujuan yang berhubungan dengan presentasi.

7. Lewati apa saja yang tidak berkaitan dengan topik

Ada beberapa presentasi yang memiliki waktu terbatas. Jadi, hindari membuang waktu dengan membahas diluar topik.

Anda mungkin memiliki statistik atau data yang tampak mengesankan untuk dibahas, tetapi jika mereka gagal mencerna secara langsung, lewati.

Informasi yang Anda bagikan harus sesuai dengan tema yang ada. Jika Anda mencoba memasukkan terlalu banyak informasi, presentasi akan terasa terburu-buru.

Nah, diatas adalah beberapa tips presentasi yang bagus untuk semua, terutama pemula. Semoga bisa bermanfaat dan diterapkan saat berpresentasi dihadapan teman kelas, kantor dan publik.

Baca juga :
• Elemen penting dalam bisnis UKM
• Waktu terbaik untuk memulai Bisnis

2 Responses to "7 Tips Presentasi yang Mantap bagi Pemula"

  1. Poin lainnua mungkin Percaya diri mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, diatas udah mencakup soal itu, tapi sengaja tidak disebutkan, karena itu sudah hal yang sepastinya mas..

      Delete

Buruan! KLIK DISINI untuk mendapatkan Sajian Renyah dan Menarik dari Rapikan.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel