Setelah mengetahui beberapa fakta berikut, saatnya jadi OnlinePreneur

Setelah mengetahui beberapa fakta berikut, saatnya jadi OnlinePreneur – Onlinepreneur bisa diartikan sebagai orang-orang yang bergelut mencari nafkah lewat media maya atau online (connect to internet). Dalam dunia internet, banyak sekali contoh orang yang bisa kita temukan telah sukses besar dan acuan sebagai motivasi diri sendiri.

Setelah mengetahui beberapa fakta berikut, saatnya jadi OnlinePreneur


Bisnis tidak hanya sebatas di dunia nyata saja. Tidak sedikit orang yang masuk daftar orang terkaya di dunia versi Majalah Time dan Forbes berdasar dari bisnis online. Tanpa modal sekalipun, anda bisa melakukan banyak hal untuk menuai pendapatan dari passion anda ini.

Sebelum membaca cara menjadi onlinepreneur, ketahui terlebih dahulu beberapa fakta tentang dunia online berikut ini.

  1. Dari lebih kurang 7 milyar orang di dunia, 2,4 milyar diantaranya menggunakan internet secara rutin
  2. Terdapat sekitar 1,7  milyar akun pengguna Facebook di tahun 2014, dan sekitar 1 milyar diantaranya mengakses menggunakan aplikasi mobile (handphone)
  3. Pengguna smartphone diramalkan akan mencapai angka 3 milyar orang di 2016 ini
  4. Tak hanya sebatas jejaring sosial, membbeli produk melalui jasa toko online begitu berkembang pesat di setiap negara
  5. Adanya sistem Open Source Software yang membuka kesempatan bagi orang-orang untuk mengembangkan teknologi yang dapat mendukung bisnis online. Bisnis anda dapat diautominasi sehingga anda bisa menghasilkan uang 24 jam dalam sehari. Tak seperti usaha offline yang kerap terbatas pada jam operasional
  6. Pasar online semakin berkembang. Di Indonesia, terdapat beberapa Marketplace atau forum jual-beli yang cukup ramai, contohnya adalah KasKus dan OLX. Disini, semua orang bisa menjual dan membeli produk atau jasa sesuai dengan kategori yang berlaku.
  7. Mengirim dan menerima uang secara online sudah jadi hal yang lumrah. Bukan suatu keheranan lagi jika pedagang bakso keliling sudah memiliki bank online seperti Paypal, e-Wallet dan uang dalam bentuk digital.
  8. Situs Ideosurce menyebutkan, nilai transaksi online shopping di Indonesia tahun 2016 diprediksi akan mencapai 12 triliun Rupiah.


Setelah anda membaca beberapa fakta diatas, Tidak ada alasan untuk ragu lagi agar segera memulai bisnis online dan meng-online-kan bisnis offline anda. Pertanyaan yang sering diajukan ke beberapa situs tanya jawab online adalah Bisnis online apa yang mudah untuk dijalankan ?

Untuk menanggapi pertanyaan diatas, beberapa ide berikut mungkin bisa menjawab pertanyaan itu.

1. Menjadi Publisher / penerbit iklan

Tidak diragukan lagi bahwa menjadi publisher iklan merupakan langkah yang paling mudah untuk make money online. Banyak contoh orang yang sukses besar di dunia pengiklanan lokal maupun global. Anda bisa menemukannya di Google untuk mengetahui contoh dari orang-orang yang saya sebutkan itu.

2. Menjual Ebook

Salah satu produk yang paling banyak dibeli secara online adalah Ebook. Apabila anda memiliki pengetahuan yang bisa bermanfaat bagi orang banyak, dan ditunjang dengan passion menulis yang baik, and bisa membuat Ebook dan menjualnya.

3. Mengikuti program Affiliate (Affiliasi)

Dalam program affiliasi, anda cukup mempromosikan suatu produk atau website dan menyediakan link bagi orang yang ingin membeli produk secara online melalui blog atapun website anda. Jika ada yang membeli melalui situs anda tersebut, maka anda akan mendapatkan komisi atau bagian khusus sebagai seorang affiliater.

4. Menjadi Reseller atau Dropshipper

Menjadi Reseller merupakan pilihan yang bagus untuk make money online. Apabila anda tidak memiliki produk, anda bisa membeli produk orang lain untuk anda jual. Anda juga bisa mendapatkan supplier atau produsen dari internet, menjalin kerjasama, memajang foto produk di website atau toko online anda, dan mulai berjualan.

Bagi anda yang sudah memiliki produk atau bahkan bisnis offline, sudahkah anda meng-online-kannya ? Jangan ragu untuk mencoba, karena bisnis online itu diibaratkan seperti bermain Game, butuh kesabaran dan kecerdasan untuk memenangkannya.

Dengan mengkombinasikan bisnis anda dari offline dengan online, maka teknologi akan berperan dan teknologi bisa mengurangi hambatan-hambatan yang kerap terjadi di bisnis offline. Sekian artikel pada kesempatan ini tentang fakta seputar bisnis online dan ide untuk berbisnis online

You May Also Like