8 Alasan Kenapa Harus Memulai Bisnis sejak Kuliah

Alasan Kenapa Harus Memulai Bisnis sejak Kuliah

Ada beberapa waktu yang diyakini banyak orang sebagai momen yang amat tepat dalam memulai Start up bisnis. Salah satunya adalah memulai usaha sejak perkuliahan. Kali ini, saya akan mengulas beberapa Alasan Mengapa Harus Memulai Bisnis sejak Mahasiswa .

Ya, masa kuliah digadang-gadang sebagai masa paling berat dalam dunia pendidikan formal. Selain menimba materi pelajaran yang lebih mendalam, tugas dan tanggung jawab yang diemban juga tergolong besar.

Hal diatas akan mulai dialami ketika seseorang memasuki semester-semester akhir, yang menjadi momen paling penting dan vital, sebut saja seperti menyusun skripsi, perencanaan seminar hingga kompre.

Namun perlu disadari, di semester awal yakni 1-3, adalah saat paling pas untuk memulai bisnis. Saya memiliki alasan Kenapa Harus Memulai Bisnis sejak Kuliah .

Karena umumnya, seorang mahasiswa/i belum memiliki tanggungan yang tergolong berat, apalagi yang merantau jauh dari kampung halaman menuju kampusnya yang berada di sebuah kota.


Selain poin diatas, ada beberapa poin atau alasan lain mengapa saya sangat menganjurkan untuk memulai bisnis sejak di Universitas, yakni sebagai berikut.


1. Meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan impian

Sungguh memprihatinkan jika dilihat betapa banyaknya orang yang menyandang gelar akademik, namun menganggur alias tidak memiliki pekerjaan sesuai dengan kondisi ekonomi dunia yang bergejolak.

Hal diatas adalah salah satu kenyataan pahit dan malah memaksa kita untuk memahaminya. Oleh karena itu, saya berpendapat bahwa jika kamu sudah berhasil mengembangkan bisnis sambil mengayomi jenjang Universitas, berarti kamu jauh lebih menonjol dari yang lain.


Tunjukkanlah bahwa kamu begitu memahami ilmu bisnis sembari menimba ilmu di kampus. Dengan adanya inisiatif dan prinsip yang tertanam dalam dirimu, perusahaan-perusahaan besar diluar sana pasti akan rebutan untuk menerapkan skill bisnismu di perusahaan mereka.


2. Tidak ada waktu yang tepat untuk gagal, tapi setiap waktu itu peluang untuk sukses

Jangan berpikir jika mengambil risiko pada hal finansial merupakan hal yang buruk. Ini adalah hal yang benar. Namun yang paling natural dari adanya risiko adalah terkadang kita acapkali gagal.

Saya yakin jika saat ini kamu sebagai mahasiswa, kemungkinan besar tidak memiliki hutang, tanggung jawab besar serta keluarga yang harus dipikirkan. Ingatlah bahwa kamu memiliki seluruh hidupmu untuk menatap masa depan yang lebih baik.


3. Akses terbaik untuk kunci bisnis yang penting

Sebagai seorang mahasiswa, hari-harimu tentu saja dikelilingi dengan orang-orang yang sama berjuang dengan kamu. Hal ini akan memberi peluang untuk memulai bisnis.

Karena dengan banyaknya teman tersebut, kamu bisa leluasa untuk mengetes ide, #mempromosikan bisnis bahkan sambil menganalisa pasar dan konsumen (Anggap saja lingkungan kampus dan teman-temanmu sebagai pasar dan konsumen).




Saat di Universitas, adalah saat yang tepat untuk membangun Networking pertemanan seluas-luasnya. Karena biasanya orang-orang yang berada di kampus, datang dari berbagai daerah, suku bangsa, bahasa dan budaya yang beranekaragam.


4. Kebahagiaan dan pengalaman besar

Pelajaran yang kamu dapat, pengalaman yang kamu peroleh dan kesenangan yang kamu rasakan sejak awal, merupakan suatu hal yang tidak ternilai harganya. Memulai dan menjalankan bisnis di usia muda juga berupaya mengasah mental dan skill-mu.

5. Sumber Daya Kampus

Alasan kenapa harus memulai bisnis sejak di universitas adalah, banyaknya fasilitas-fasilitas kampus yang bisa dijadikan bahan pendukung dalam menjalankan bisnis. Sebut saja seperti koneksi layanan WiFi gratis yang bisa diakses secara bebas sepanjang waktu.

Saat ini, zaman telah memasuki era digital dengan perkembanban yang cepat dan besar. Setiap pebisnis sangat dianjurkan untuk memiliki koneksi secara online, terutama dalam mempromosikan produk mereka agar lebih efisien.

Tentunya, biaya yang diperlukan juga tidak tanggung-tanggung. Nah, dengan adanya layanan dari sumber daya kampus yang gratis ini, bisa menghemat pengeluaran kamu selama mengembangkan bisnis saat di kampus.

6. Pangsa Pasar yang Jelas

Kampus kecil maupun besar, adalah sebuah pasar yang sangat potensial untuk dijajal. Pangsa pasar di lingkungan kampus merupakan target konsumen yang jelas, berpotensi dan menggiurkan. Contoh nyatanya adalah dalam hal kebutuhan, yang mayoritas dari mereka semua adalah sama.


Selain itu, banyak pilihan bisnis yang bisa kamu kembangkan, misalnya adalah berjualan kue, jajan-jajanan ringan, karya rupa sederhana, minuman beraneka ragam, aksesoris umum, bahkan kamu bisa membangun tim untuk menyediakan jada katering makanan sehari-hari.

7. Habiskan jatah gagalmu

Siapapun dia yang memulai sebuah usaha, semuanya pasti pernah merasakan gagal, itu tidak masalah dan sangat wajar. Namun yang jadi masalah adalah, kegagalan datang di hari tua.

Untuk itu, mumpung kamu masih muda dan berada dalam dunia yang sedang membara pada usia remaja, habiskan jatah gagalmu disini. Lakukan banyak percobaan dan biarkan diri mencicipi beragam jenis kegagalan.

Poin pentingnya adalah, setiap kegagalan demi kegagalan, selalu ambil pelajaran dari sana, maka akan banyak sekali pengalaman yang bisa dijadikan batu loncatan, salah satunya sebagai tolok ukur di hari mendatang.

8. Kekreativitasan yang Tinggi

Alasan kenapa harus memulai usaha saat kuliah adalah, masa muda merupakan masa-masa keemasan dan kekreativitasan yang tinggi. Selain itu, jiwa yang ada dalam dirimu akan siap tempur dalam kondisi apapun.


Di umur segini, ide-ide cemerlang dan brilian akan mudah muncul dan diimplementasikan dalam praktek. Manfaatkan masa-masa kreatif ini untuk melakukan terobosan besar demi perubahan hidup kamu sendiri.

Orang yang Sukses Besar saat Kuliah

Dari beberapa alasan memulai bisnis saat mahasiswa diatas, saya harap kamu mulai termotivasi dan hati perlahan tergiur untuk segera merancang perencanaan usaha baru. 

Untuk lebih menambah keyakinan dan sebagai inspirasi buat kamu, dibawah ini adalah daftar orang kaya tanpa kuliah. Dalam artian, mereka memang ada yang sempat kuliah, namun putus di tengah jalan dan lebih memilih jalan hidup sebagai wirausahawan besar dunia.

Berikut daftar dan nama perusahaan miliknya :

  • Bill Gates : Raja Microsoft, yang sempat mengenyam pendidikan di Harvard, namun memilih mengembangkan Microsoft dan berhenti dari Perkuliahannya.
  • Mark Zuckerberg : Pemilik Facebook, memutuskan keluar dari Harvard University demi mengembangkan Facebook. Saat ini dia masuk dalam jajaran 10 orang terkaya di dunia.
  • Evan Williams : Dibesarkan di Clarks, Nebraska, tempat keluarganya mengelola sebuah peternakan. Ia kuliah di University of Nebraska di Lincoln selama 3 semester sebelum akhirnya putus.
  • Michael Dell : Keluar dari University of Texas di Austin pada tahun pertamanya kuliah pada usia 19 tahun. Dia adalah pencipta Dell Technologies yang sekarang bernilai +- $ 20,9 miliar atau setara Rp 276,5 triliun.


Selain beberapa daftar diatas, masih banyak orang yang sukses tanpa kuliah alias berhenti dari perkuliahannya, antara lain adalah Steve Jobs, Michael Dell, Julian Assange, Evan Williams, Larry Ellison, Jan Koum, Travis Kalanick dan lainnya.

Penutup

Itulah beberapa alasan kenapa harus memulai bisnis sejak kuliah. Suatu kesuksesan memang tidak bisa didapat hanya dengan mengucapkan, memimpikan dan menghayalkannya. Bangunlah dan Go Action.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel