Manajemen Bisnis, 15 Konsep Dasar Sebelum Memulai Usaha

Manajemen Bisnis – Pengertian Manajemen Bisnis adalah Sebuah sistem di dalam perusahaan yang berfungsi merencanakan, mengendalikan, melaksanakan dan mengarahkan segala kegiatan bisnis. Yang diberi wewenang pada bagian ini adalah Manajer.

Manajemen Bisnis

Sebagai seorang manajer Bisnis, dituntut harus paham tentang prosedur akuntansi, pemasaran, dan administrasi yang diperlukan untuk menjalankan bisnis.

Persaingan untuk posisi manajemen bisnis bisa sangat sengit, kamu harus mendapatkan gelar dalam administrasi bisnis, akuntansi atau pemasaran jika ingin mendapatkan posisi manajemen bisnis.

Baca juga : Pengertian Manajemen Diri

Memulai bisnis bisa dibilang susah-susah gampang, artinya bersifat relatif, tergantung setiap orang yang menilainya.

Sebelum memulai bisnis tentu membutuhkan pengorbanan yang besar, baik dari segi waktu, pendanaan, bahkan tidak jarang juga yang mengorbankan reputasi yang telah melekat padanya.

Karena itulah perlu terlebih dahulu mengenal Konsep-konsep dasar manajemen Bisnis sebelum memulai.

15 Konsep dalam Manajemen Bisnis

Konsep Dasar Manajemen dalam Bisnis yang saya jabarkan di bawah ini lebih dititikberatkan kepada pemikiran-pemikiran calon pebisnis, yang harus dia kenal dan pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memulai sebuah usaha.

Konsep bisnis ini nantinya akan menjadi pendorong dan penunjang dalam segala bentuk elemen dalam bisnis, baik saat Startup, mengelola dan menyeimbangkan. Oke langsung saja.

Baca juga : Pengertian Manajemen

1. Kalau bisa bermimpi besar, buat apa bermimpi yang kecil dan tanggung-tanggung ?

Harus bisa dan berani bermimpi besar, tentu saja. Sebuah kesuksesan yang telah diraih seseorang pastilah memiliki mimpi besar sebagai judul petualangannya di masa lampau.

Kepercayaan diri dan yakin akan Planning yang kita cetuskan akan sangat membantu mimpi kita lekas terwujud.

Visualisasikan bahwa bisnis anda tersebut tidak hanya akan menghidupi anda saja, tapi juga merubah dunia.

2. Impian = Tindakan

Poin kedua Konsep Dasar memulai bisnis ialah keseimbangan antara impian dan tindakan.

Setelah memiliki dan mematenkan mimpi besar tersebut, ambillah inisiatif untuk memastikan bahwa anda bekerja setiap hari demi menggapai impian itu.

Satu hal yang musti diingat, sebuah impian yang besar tidak akan terwujud jika tidak dibarengi dengan usaha serta do`a.

Kalau hidup hanya sekedar hidup, Babi di hujan juga hidup. Kalau bekerja hanya sekedar bekerja, Kera juga bekerja” [Alm. Buya Hamka]

3. Percaya dengan Bisnis yang Anda Jalankan

Fokus pada tujuan merupakan suatu keharusan bagi setiap. Yakinlah bahwa bisnis yang anda jalankan begitu dibutuhkan orang banyak sebelum anda melakukan proses pemasaran.

Yakinlah bahwa konsumen akan menaruh tesatimoni akan produk anda. Jika anda sendiri tidak percaya pada bisnis yang anda tekuni, bagaimana mungkin anda berharap orang lain akan percaya ?

4. Salah itu Wajar, Don`t be Afraid!

Tidak ada seorangpun yang ingin mengalami kesalahan, karena umumnya kesalahan akan mendatangkan peluang kegagalan.

Namun tidak bisa dielakkan lagi jika kegagalan merupakan salah satu jalan terjal penuh kabut sebelum menjumpai jalan lurus dengan udara segar pada perjalanan bisnis anda.

Dan akhirnya, belajarlah dari kesalahan serta jangan menyalahkan orang lain.

5. Banyak Jalan Menuju Roma

Ada banyak jalan menuju kesuksesan, dan jalan tersebut kerap tidak sama antara satu orang dengan yang lain.

Itulah sebabnya kekreativitasan begitu berperan besar dalam karir bisnis anda, tidak perlu mengikut-ikuti gaya dan cara sang saingan.

Karena apa yang cocok bagi mereka yang mendatangkan kesuksesan besar, belum tentu cocok untuk anda, apalagi sebagai pedoman kesuksesan untuk anda.

6. Kenali Pesaing Bisnis

Mengenali pesaing dari segi produk maupun penawaran harga adalah cara yang baik asal dilakukan dengan positif.

Melalui informasi tersebut, anda akan bisa meningkatkan daya saing mulai dari segi pemasaran, harga, spesifikasi, penguasaan pangsa pasar hingga konsumen.

7. Hormati Pelanggan

Bisnis anda akan terus berjalan jika adanya pelanggan. Artinya, sebuah bisnis akan terdampar kumuh di pinggir got jika tidak mempunyai penikmat produknya seorangpun.

Oleh karena itu, adalah hal yang wajib untuk menghormati dan menghargai pelanggan.

Baca juga : 10 Cara Mendapatkan Pelanggan Setia

Anda akan dapat melakukannya setelah anda bisa memahami apa yang diinginkan pelanggan. Dengarkan dan pahami apa yang mereka harapkan dari anda.

8. Pahami Bisnis Anda

Pepatah Minangkabau mengatakan; “Alam takambang jadi guru”. Kuasa Allah SWT yang menghadirkan jutaan decak kagum ini tersimpan ilmu yang tiada habisnya. Begitu juga dalam dunia bisnis.

Baca juga : Pengertian Manajemen Keuangan

Pengetahuan dan pendalaman dalam ilmu bisnis, terutama bisnis yang anda geluti merupakan salah satu kewajiban anda sebagai sang Owner. Pastikan bahwa anda begitu tahu akan Lubang dan Tikungan dalam bisnis yang anda jalankan.

9. Siap Untuk Berkorban

Sebelum memulai sebuah bisnis, kewirausahaan memang membutuhkan komitmen sebagai nahkoda-nya.

Maka dari itu, pengorbanan merupakan hal yang tidak bisa dielakkan jika ingin menggeluti dunia bisnis.

Namun anda tidak akan tahu apa saja yang akan dikorbankan dalam bisnis tersebut sebelum anda sendiri yang langsung merasakannya.

Baca juga : Cara Meraih Keberkatan dalam Berbisnis

10. Pandai-Pandailah Berkomunikasi

Komunikasi yang efektif sangat dibutuhkan dalam berbisnis. Anda harus belajar bagaimana cara mengkomunikasikan pikiran dan tutur bahasa dengan baik, benar, jelas dan terperinci, sehingga bisnis yang anda jalankan bisa melaju lebih lancar lagi.

11. Carilah Penasihat atau Mentor

Bertemu dengan orang yang telah sukses berbisnis akan membuat kita sedikit iri, itu kemungkinan besar. Namun jangan pernah beranggapan seperti itu.

Jangan pernah segan untuk menjalin relasi dengan mereka, karena mereka dapat memberikan bimbingan dan saran yang mungkin sangat berharga bagi perkembangan bisnis anda.

Curahan motivasi dari mereka akan membakar semangat anda untuk terus konsisten berbisnis.

Baca juga : Cara Menemukan Partner Bisnis yang Mantap

12. Menyeimbangkan Bisnis dengan Kehidupan

Menjalani roda bisnis memang akan membuat anda tegang dan bisa saja monoton. Namun tidak selamanya hal ini dibiarkan.

Anda perlu keseimbangan dalam hidup. Cobalah meluangkan waktu untuk beristirahat seperti liburan, rekreasi atau sekedar lari pagi dan sore.

13. Keep Positive Mindset

Saya tidak akan pernah bosan mengajak semua orang untuk tetap menjaga pola pikir yang positif.

Pemikiran yang tidak negatif akan mendatangkan banyak manfaat bagi anda dan bisnis anda. Anda bisa membaca cara mengembangkan dan menjaga pola pikir positif dalam berbisnis Disini.

Baca Juga : Cara mengembangkan Pola Pikir Positif dalam Berbisnis

14. Jangan Gaptek!

Jika zaman sekarang anda masih meraba-raba dalam mengoperasikan teknologi, sebut saja internet, apa kata dunia ?

Teknologi semakin hari semakin maju, apapun bisa anda lakukan dengan teknologi. Oleh sebab itu, jangan pernah ragu untuk menguasai teknologi, agar bisnis anda bisa berjalan lebih efisien lagi.

15. Jadilah Pribadi yang Ceria

Jangan mudah bersedih dalam berwirausaha. Menjalani bisnis tidak ubahnya seperti roller coaster, kadang anda diatas dan terkadang berada di bawah. Nikmati setiap proses dan momen yang terjadi, saya yakin anad akan menjalani hidup yang lebih menyenangkan.

Baca juga : Cara agar Tetap Termotivasi dalam Berbisnis

Kesuksesan bisa diraih oelah siapa saja, karena adanya kesempatan yang terbuka lebar tanpa ada yang melarang untuk mengambil kesempatan itu.

Saya mengakui bahwa membahas hal seputar Manajemen Bisnis merupakan perkara yang amat tabu.

Menghitung bahwa setiap orang sebenarnya sudah ditanamkan sejak dini mengenai dunia bisnis, contohnya saat anda disuruh untuk sekolah setinggi mungkin.

Apatujuannya ? Selain untuk meraih ilmu yang banyak, juga mengisyaratkan agar meraih masa depan yang cerah di masa depan kelak.

Itulah artikel mengenai 15 Konsep Dasar Manajemen Bisnis yang Harus Diketahui sebelumnya memulai usaha, semoga bisa bermanfaat guna menambah ilmu dan wawasan kita seputar Ilmu Bisnis dan wirausaha.

You May Also Like