10 Tips Menjadi Wirausahawan yang Berhasil Gemilang

Menjadi Wirausahawan yang Berhasil dengan 10 Tips Sederhana ini - Menjadi seorang Wirausaha bukanlah perkara yang mudah. Kerumitan memulai, tingkat persaingan, Strategi pemasaran hingga kegagalan selalu menghantui setiap langkah-langkah menjadi pengusaha sukses.

Belajar menjadi pengusaha sukses memang benar-benar wajib hukumnya bagi kita yang ingin keluar dari zona nyaman, lalu belajar menjadi pengusaha dari nol ataupun menjadi Entrepreneur muda sejak mahasiswa. Namun tenang, sejatinya ada 10 kebiasaan yang bisa menjadikanmu wirausahawan kaya dan punya segudang prestasi. Kebiasaan-kebiasaan ini biasa dilakukan oleh mereka yang lebih dulu berhasil.

Lalu, bagaimana cara menjadi wirausaha yang sukses berusaha dari nol? 

Kebiasaan merupakan suatu kegiatan tertentu yang biasa atau sering dilakukan seseorang dengan tujuan tertentu pula. Melalui kebiasaan sehari-hari, kita bisa membedakan apakah orang tersebut tergolong orang yang sukses atau malah sebaliknya.

Menjadi Wirausahawan yang Berhasil dengan 10 Tips Sederhana ini
Menjadi Wirausahawan yang Berhasil dari Nol
Ada beberapa kebiasaan yang membedakan setiap personal memiliki karakteristik dari yang lain, Contohnya dalam membedakan orang sukses dengan orang yang lainnya mungkin saja adalah etos kerja, semangat, kreatif maupun kecerdasan, atau juga bisa yang lainnya. Berikut adalah 10 Tips sederhana dan menjadikanmu Wirausahawan yang berhasil.

1. Mempergunakan waktu sebijak mungkin

Sadarilah bahwa kemauan merupakan sumber daya dalam diri yang tiada batas. Contohnya saya sendiri sebelum berangkat merantau dulu. Dulu sebelum meninggalkan kampung, semangat dan kemauan saya begitu penuh dan membara, demi mewujudkan mimpi yang selama ini telah dirancang dan dibangun.

Apa yang dilakukan orang-orang sukses?

Mereka hanya menggunakan kemauan cukup untuk hal yang penting-penting saja. Mereka selalu berpikir kalau hanya memiliki sedikit uang sebelum merantau, makanya mereka tidak menggunakan uang tersebut untuk hal yang sepele.

Mungkin teori ini akan menjelaskan kenapa sosok seperti Tim Ferriss yang makan dengan menu yang sama setiap harinya, atau Mark Zuckerberg yang selalu menggunakan t-shirt abu-abu serta hoodie hitam.

2. Percaya diri untuk mengatakan 'TIDAK'

Memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin memang anjuran setiap orang. Tentu saja setiap kesempatan yang datang, harusnya kita mengucapkan 'Ya', mengelola prioritas kita sendiri tanpa melupakan solidoritas sebagai tim.

Seperti yang pernah diungkapkan Miliader Warren Buffett, " Perbedaan orang sukses dengan orang yang benar-benar sukses adalah orang yang benar-benar sukses mengatakan 'tidak' hampir untuk segalanya. ".

Jika kamu mempunyai keinginan yang menurut kamu itu besar dan sedang berusaha untuk mencapainya, belajarlah mengatakan 'tidak' untuk kesempatan kecil yang datang. Terkadang kesempatan seperti itu akan jadi penghalang maupun pengalih kamu dari impian tersebut.

3. Sabar dan tidak pernah bosan

Orang yang super sukses biasanya mempunyai sumber daya yang besar untuk terus mencoba hal-hal dan keterampilan baru, berpetualang maupun wisata. Dengan menghadapi segala kesempatan yang disuguhkan di depan mata, kerap kali kita merasa bosan.

Mengapa ?

Karena ketika melakukan pengembangan terhadap diri dan bisnis, kita sering menyadari kalau pertumbuhan seringkali berjalan lambat, selalu butuh perbaikan didalamnya.

Ingatlah bahwa Lionel Messi tidak meraih penghargaan tertinggi sepakbola dunia, FIFA Ballon D`Or hanya dalam setahun. Sebelumnya dia juga tidak tahu apa-apa, bahkan keterbatasan fisik dengan pe-sepakbola yang lain.

Namun kesabaran, kerja keras, berlatih dan berbaik sangka membuat dia duduk di kasta tertinggi sepakbola dunia dalam 4 tahun berturut-turut.

Untuk menguasai keterampilan memang membutuhkan rutinitas. Banyak artis, pengusaha, atlit yang sukses karena tidak pernah bosan untuk mengulang dan menguasai keterampilannya tersebut.

4. Tidak pernah memperbaiki kelemahan, namun tetap kembangkan kelebihan

Setiap individu memiliki kelemahan dan kelebihan yang dibawanya sejak lahir. Kemampuan alam ini juga merupakan faktor penentu masa depan finansial nya di kemudian hari. Orang-orang yang super sukses tidak pernah berpikir untuk memperbaiki kelemahan mereka.

Mereka selalu menyadari kalau kelemahan itu akan tetap selalu ada. Yang terpenting terus tingkatkan kekreativitasan, kecerdasan dan kemampuan kamu.

Jika anda menghabiskan hidup anda untuk mencoba menjadi lebih baik dari segala sesuatu, anda tidak akan pernah jadi besar dalam satu hal pun. ".

5. Bangun sebelum matahari terbit

Banyak Talkshow dengan orang-orang sukses yang saya temukan di berbagai media, dan saya selalu mendengar bahwa bangun sebelum matahari terbit merupakan salah satu rahasia mereka menjadi orang yang besar.

Ketika seisi dunia masih tertidur, mereka sudah mulai bermeditasi, membuat perencanaan jangka pendek maupun panjang, berolahraga, Shalat, terlibat dalam karya kreatif dan umumnya menjadi awal yang produktif setiap harinya.

6. Tidak Langsung Puas dengan Satu Pencapaian saja

Salah satu sifat dasar tiap manusia adalah ketidakpuasan akan apapun yang dicapai. Banyak yang mengatakan bahwa mayoritas orang sukses punya banyak mimpi yang besar di hari depan, dengan begitu, jika satu kesuksesan telah diraih maka kesuksesan berikutnya akan dikejar kemudian. Bukannya langsung merasa puas, namun malah akan lebih bersemangat lagi.

Tidak puas berarti bukan bermaksut serakah, tapi lebih mengacu pada pencapaian maksimal dari cita-cita dan tujuan hidup kedepannya. Merasa puas dan terburu untuk berbangga dengan satu keberhasilan bukan sifat orang sukses yang sesungguhnya.

7. Punya Perencanaan Jangka Panjang

Masih berhubungan dengan poin ke-6, mimpi-mimpi besar yang dirangkai akan sebisa mungkin untuk diwujudkan, meskipun melakukan berbagai cara hingga mengorbankan sesuatu hal yang penting.

Cita-cita tersebut termasuk pada golongan Perencanaan Jangka Panjang, baik Target Omzet, meminimalisir kerugian, persaingan di masa mendatang hingga daftar hal yang akan diraih demi masa depan gemilang.

8. Menghormati Penuh Orangtua dan Keluarga

Belum pernah saya menemukan orang-orang yang sukses pada bidangnya tidak menghormati dan menghargai orangtua. Mereka malah punya kesadaran penuh bahwa kesejahteraan yang mereka capai tidak lepas dari Orangtua dan keluarganya.

Mulai dari awal merintis suatu karir, orangtua-lah yang pertama kali mensupport kita, membimbing, menasihati hingga merasa khawatir akan setiap keputusan yang kita ambil. Makanya, pebisnis sukses manapun tidak akan pernah melupakan jasa orangtua dan keluarga.

9. Kegagalan Bukan Penghambat, tapi Batu Loncatan

Ini yang banyak dialami dan jadi permasalahan pebisnis pemula di tanah air, dimana ketika dia mengalami kondisi buruk dan terpuruk hingga gagal, secara langsung dia menghentikan usahanya dan berputus asa.

Tahukah kamu, kegagalan pebisnis paling tinggi terletak pada masa startup alias tahap pembangunan usaha, karena masa inilah yang dianggap sebagai momen paling rumit sekaligus penentu masa depan bisnis.

Para pengusaha sukses malah melakukan sebaliknya. Jika ia mengalami suatu kegagalan, ia hanya akan menganggap itu sebagai hal biasa dan menjadikannya motivasi, mengambil pelajaran, belajar memperbaiki kesalahan serta menemukan penyebab dan memecahkannya.

Dengan begitu, kamu akan tetap punya rencana dan inspirasi baru dari setiap kegagalan, yang tentunya mampu menghantarkan ke arah yang lebih baik.

10. Membantu dalam Membahagiakan orang lain

Sebagai seorang manusia yang sejatinya tidak bisa hidup tanpa orang lain, maka mustahil bila kesuksesan yang kamu dapat tanpa bantuan orang lain. Untuk itu, jangan lupa bayar jasa mereka, setidaknya membagi kebahagiaan kamu dengan memnantu mereka, misanya memberi lapangan pekerjaan.

Lihat contoh Bill Gates. Pemilik Microsoft ini mempekerjakan teman-teman masa kuliahnya di perusahaan raksasa tersebut dengan memberikan jabatan tinggi perorangnya, misalnya insinyur.
___________
Baca juga :

----------------

Nah, setelah mengetahui 10 Tips sederhana menjadi wiraswasta yang sukses diatas, sepatutnya kamu mulai menyadari dan merasakan bahwa sebenarnya yang dimaksut pengusaha sukses itu tidak perlu banyak muluk-muluk. Berbekal niat, tekat, kesungguhan, kedisiplinan serta 10 cara menjadi wirausaha yang berhasil di atas, saya yakin kamu pasti bisa.

Itulah beberapa kebiasaan yang jadi tradisi bagi orang-orang yang super sukses. Untuk kita yang ingin seperti mereka, mari mulai dari hal yang kecil, lakukan hal-hal diatas secara rutin dan jangan sia-siakan kesempatan selagi muda untuk mendalami Ilmu Bisnis yang satu ini.

Demikianlah artikel mengenai: Menjadi Wirausahawan yang Berhasil serta bagaimana cara menjadi wirausaha yang sukses berusaha dari nol. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 Response to "10 Tips Menjadi Wirausahawan yang Berhasil Gemilang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel