Tips hebat pertahankan Startup di tahun pertama

Tips hebat pertahankan Startup di tahun pertama - Angka statistik membuktikan bahwa 3 dari 10 startup bangkrut di tahun pertama dan kedua. Dan dalam 5 tahun, 5 dari 10 startup lenyap entah kemana. Fakta juga membuktikan bahwa masa-masa paling sulit dan penuh tantangan dalam berbisnis adalah pada saat pertama kali bisnis itu dijalankan.


Tips hebat pertahankan Startup di tahun pertama

Masa-masa awal adalah saat-saat paling krusial untuk sebuah startup. Pasalnya, banyak sekali pebisnis yang gagal dan gulung tikar pada step awal ini. Sekarang tanyakan, apakah bisnis anda ini bisa bertahan ? Ataukah bisnis anda hanya akan menjadi pengisi daftar urutan pebisnis yang gagal dalam startup tersebut ?

Pada kesempatan ini, Hakikat Bisnis akan mencoba menjabarkan 5 Tips hebat pertahankan startup di tahun pertama, Silahkan disimak.

1. Saatnya berkomunikasi dengan konsumen

Penelitian ke dalam pasar merupakan salah satu metode penting dalam melancarkan dan mengembangkan bisis, dan tidak ada cara yang lebih baik lagi selain berbicara langsung pada konsumen. Dengan melakukan step ini, anda akan tahu bagaimana cara untuk melakukan penawaran yang menarik kepada para konsumen, menetapkan harga yang tepat dan target pasar yang akurat.


Tips hebat pertahankan Startup di tahun pertama

Dengan menerapkan metode diatas, kecil kemungkinan anda akan gagal startup di tahun pertama, karena penelitian pasar sangat penting dan berpengaruh besar pada bisnis anda secara terstruktur untuk kedepannya, silahkan dicoba dan semoga berhasil.

2. Kelihaian dalam memilih lokasi

Pastikan tempat berusaha anda berada di lingkungan yang strategis dan tepat. Lakukan riset terlebih dahulu, bisa dilakukan dengan poin yang pertama, dimana dengan menanyakan kegemaran dan minat konsumen pada produk anda misalnya. Dengan begitu, anda akan bisa menilai tempat tersebut apakah akan berpeluang besar untuk bisnis anda atau tidak.


Tips hebat pertahankan Startup di tahun pertama

Lokasi yang tepat bukan hanya toko secara fisik, tapi alamat website yang tepat juga sangat berpengaruh dalam sebuah startup. Apakah anda memilih nama website yang mudah diingat, atau anda membuka toko di daerah yang banyak peminat. Keduanya sangat penting untuk diperhatikan dan semoga usaha anda tetap terus berkembang hari demi hari dalam startup anda.

3. Jaga pengeluaran anda

Carilah segala hal yang memungkinkan anda untuk berhemat dan memotong anggaran. Hal ini akan membantu usaha anda untuk bertahan lebih lama. Ada banyak strategi yang bisa anda lakukan untuk berhemat, misalnya dengan mempekerjakan seseorang yang ahli dalam hal keuangan, melakukan kredit atau bahkan memotong pengeluaran yang tidak perlu seperti pengeluaran untuk tukang bersih.


Tips hebat pertahankan Startup di tahun pertama

Anda bisa melakukan apa saja yang dibutuhkan perusahaan anda untuk berhemat. Anda juga dianjurkan untuk bisa lebih paham lagi dalam memanajemeni keuangan dengan baik, supaya anda tidak merasa begitu kehilangan saat uang atau aset anda tiba-tiba berkurang.

4. Rumuskan masalah

Akan banyak masalah yang mungkin terjadi dalam perjalanan startup anda, misalnya yang paling dominan adalah kejadian yang tidak terduga yang bisa meruntuhkan usaha anda. Pikirkan dan lakukan perumusan atas semua hal yang mungkin terjadi, dan segala hal yang bisa menyebabkan fatal bagi startup anda.


Tips hebat pertahankan Startup di tahun pertama

Setelah itu, buatlah perencanaan yang menurut anda paling baik untuk tahap jalan keluarnya. Ingat, besar atau kecilnya suatu masalah, kita tidak akan tahu seperti apa akibat yang akan dihasilkannya. Bisa saja masalah besar yang tidak akan berarti apa-apa, dan mungkin juga masalah kecil yang akan berakibat besar hingga fatal.

5. Segera analisis bisnis anda

Penting sekali untuk mengambil sedikit waktu ditengah kesibukan kerja dan sempitnya waktu anda, untuk sekedar melihat sudah sampai dimana kah perjalanan bisnis anda sekarang . Apakah anda sudah berada di jalur yang tepat ? apakah bisnis anda sudah menuju pada goal yang sesuai rencana ? Jika belum, segera rubah haluan dan perbaiki semua kesalahan.


Tips hebat pertahankan Startup di tahun pertama

Pada masa startup, pebisnis akan sangat mudah sekali gagal, penyebab kegagalan dalam startup juga sangat banyak, baik itu hal yang besar maupun kecil. Oleh karena itu, anda dituntut untuk bisa lebih jeli lagi dalam menyikapi setiap problem yang masuk ke kerajaan anda.

Sekian artikel mengenai Tips hebat pertahankan Startup di tahun pertama, semoga bermanfaat dan Selamat Berbisnis !!

72 Responses to "Tips hebat pertahankan Startup di tahun pertama"

  1. nice tips gan. boleh dicoba nih

    ReplyDelete
  2. Betul sekali Mas, dalam berbisnis itu harus ada waktu berkomunikasi dengan konsumen, sambil sedikit mempromosikan bisnis kita kepada konsumen agar konsumen tertarik .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. promosikan aja diblog saya.
      tapi bayar :D

      Delete
    2. hahaha berapa mas promosinya

      Delete
    3. pastinya dong mas Eka, walau banyak juga yang mengabaikan hal tersebut..

      Delete
  3. Lokasi tempat berbisni yang akan kita jalani juga menentukan kelangsungan bisnis yg akan dijalankan, yg jelas harus strategis, sesuai kondisi lapangan dan minat konsumen di lokasi tsb, coba kalo misalnya buat Hotel berBintang - bintang di Kampung yg jauh dgn keramaian, mana ada yg mau nginep nya ... iya kan ? ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, itulah gunanya menguasai walau sedikit saja tentang ilmu kelihaian dalam menganalisa wilayah untuk tempat kita berbisnis..

      Delete
    2. dapet hadiah dong saya Mas ... :D

      Delete
  4. menghemat keuangan dan membatasi segala pengeluaran yang bukan skala prioritas juga memang salah satu tips hemat agar Usaha atau bisnis yg dijalani bertahan lama, tetapi mungkin harus juga diperhatikan skala untung ruginya dan penting tidaknya uang tsb dikeluarkan bagi bisnis yg sedang dijalani ya Mas... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nraktir saya mah nggak ada ruginya :D

      Delete
    2. ia mas, karna banyak juga para pebisnis yang jadi stress karena banyaknya pengeluaran yang ia keluarkan, padahal ia tidak tau kemana perginya..

      Delete
  5. Setiap usaha yg dijalani pasti ada resiko dan masalah, terutama tentang promosi suatu bisnis yg sedang dijalani, konsumen yg mulai tidak tertarik dgn bisnis yg dijalani dan terutama point ketiga, masalah keuangan. Harus bisa merumuskan masalah dan mencari pemecahan masalahnya, biasanya memakai hukum sebab akibat ya mas kalo yg begini... hehehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan kita harus berani ngambil resiko yamas

      Delete
    2. ia mas, karena setiap sesuatu itu harus diawali dengan perhitungan, daripada nanti rugi yang tidak jelas penyebabnya..

      Delete
    3. kalo rugi dan tidak jelas penyebabnya kan bisa repot .. :D

      Delete
  6. seperti nya artikel ini sangat di butuhkan untuk kedepan nya nanti, ijin bookmark gan. Kalo aja nanti pengen nyoba jadi pebisnis. hehe

    ReplyDelete
  7. mantap deh pokoknya Tips hebat pertahankan Startup bisnis nya Mas Wiki ... :D semoga bermanfaat bagi kita semuanya... aamiin...

    ReplyDelete
  8. Benar mas, pintar berkomunikasi dengan konsumen itu merupakan awal keberhasilan buat para pebisnis, apalagi bisnisnya di dunia online... Btw, two tumbs up for this tips !

    ReplyDelete
  9. Super... makasih tips nya nih om...

    ReplyDelete
  10. memang banyak banget masalah yg timbul saat melakukan bisnis pada tahun pertama.
    intinya kita mesti jeli dalam menghadapi setiap masalah yg masuk untuk menghindari bangkrut dan bisa memperbesar usaha yamas.

    ReplyDelete
  11. bisnis terberat adalah tahun pertama ketika kita sedang memulai.seakan akan kita diwajibkan puasa.siapa yang kuat,dia yang akan menikmati hasilnya, siapa yang tidak kuat, dia pasti aan berhenti di tengah jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas, harus bisa bekerja keras dan bekerja cerdas dalam tahap startup ini, karena akan menentukan hasilnya juga di masa yang akan datang..

      Delete
  12. Ini kayak scripsi saja ya ada rumusan masalah nya mas hehe
    memang tahun pertama itu berat sekali dan kita harus melihat perkembangan usaha ita mulai dari hal yang paling kecil
    agar terhindar dari masalah dan tingkatkan pelayanan kepada konsumen ataupun member ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mas, masalah memang akan selalu datang, itulah kewajiban kita untuk menghadapinya.

      Delete
  13. Saya rasa, berkomunikasi dengan konsumen adalah salah satu kunci utama yang sangat penting untuk mempertahankan startup dalam berbisnis, karena bagaimanapun juga konsumen adalah tujuan utama bisnis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya bukan hanya komunikasi dengan konsumen, tapi motode lainnya juga perlu...seprti menganalisa bisnis secara mendasar agar mudah menjalankan langkah selanjutnya.

      Delete
    2. betul, semuanya memang diperlukan, dikombinasikan dengan baik dan tertata.

      Delete
  14. kalo saya paling sulit menejemen keuangan soalnya kadang kan yang namanya pedangan ada wirausaha ada naik nya ada turun nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mbak, tinggal kita aja bagaimana untuk sebisa mungkin dalam menyeimbangkannya.
      Kalau bisa jangan sampai rugi lebih besar daripada untung.

      Delete
  15. ini tips sangat cocok buat pebisnis pemula seperti saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pemula kok mas, selamatt memulai startup, semoga sukses.

      Delete
  16. yang jelas langkah paling tepat adalah menganalisa pasar, menghitung pengeluaran, dan berkomunikasi kepada konsumen sebagai observasi akan usaha atau bisnis yang dijalankan adalah suatu yang cerdas untuk dilakukan....makasih gan pencerahan bisnisnya. salam sahabat blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itu dia poin-poinnya mbah Dinan, Salam blogger kembali..

      Delete
  17. tapi sayah g mulai-mulai nih malah baca ini terus. :D
    harus segera di mulai nih

    ReplyDelete
  18. info ini sangat cocok untuk yang mau berbisnis, karena ke lima point di atas sangat berpengaruh untuk mempertahankan suatu bisnis

    ReplyDelete
  19. tipsnya sangat membantu bagi mereka yang terjun dalam dunia bisnis nih, komunikasi yg baik dengan konsumen kayanya itu yg sangat penting ya

    ReplyDelete
  20. lumayan ribet juga yah berbisnis itu

    ReplyDelete

Buruan! KLIK DISINI untuk mendapatkan Sajian Renyah dan Menarik dari Rapikan.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel