Strategi pemasaran produk lewat media sosial

Strategi pemasaran produk lewat media sosial
Strategi pemasaran produk lewat media sosial - Memasarkan produk yang kita miliki melalui jasa media sosial adalah salah satu Strategi Pemasaran ( Marketing Strategy ) yang efektif, mengingat besarnya pengaruh media sosial ini sebagai tempat pengumpulan informasi bagi aspek dan lapisan masyarakat modern saat zaman sekarang.


Meskipun media sosial adalah salah satu jalan yang efektif untuk mempromosikan produk, kita juga sangat dianjurkan untuk mengerti akan persepsi dari masyarakat modern saat ini. Kita dituntut agar lebih kreatif dan cermat lagi dalam menggunakan media sosial sebagai ladang pemasaran kita. Berikut ini beberapa Cara memasarkan produk lewat media sosial yang baik dan efektif.

1. Tentukan target dan jenis media

Yang pertama, tentukan terlebih dahulu kepada siapa dan kalangan apa kita akan memasarkan produk tersebut. Apakah kalangan pelajar, ibu rumah tangga, mahasiswa, karyawan perusahaan dan lain-lain. Karena akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran bisnis anda.

Ini adalah hal yang perlu didalami terlebih dahulu. Jangan sampai anda mempromosikan produk kepada kalangan yang salah, misalnya mengiklankan produk anda yang berupa peralatan kecantikan kepada seorang mahasiswa. Tentu saja itu adalah salah satu persepsi marketing yang kurang benar.

2. Kekuatan dari konten yang kreatif

Salah satu kunci kesuksesan dalam melakukan Pemasaran lewat media sosial adalah kekuatan dari konten yang seru dan kreatif. Kategori konten yang seperti ini akan membuat para pengguna internet menjadi tertarik untuk selalu mengikuti informasi yang anda berikan.

Pilihlah konten yang unsur viral-nya tinggi. Kemungkinan besar para pengguna internet akan dengan senang hati untuk membagikan info menarik yang anda berikan. Dan jangan lupa untuk menggunakan konten yang tidak terlalu panjang, namun menarik serta kreatif.

3. Membangun komunikasi yang baik dan efektif

Jangan lupa untuk memanfaatkan bantuan dari orang-orang yang berada disekitar anda. Misalnya memiliki banyak teman dan kenalan di Facebook, Twitter, Blog dan dari berbagai Social Bookmark. Dengan segenap kemampuan yang anda miliki, pandai-pandailah dalam membangun komunikasi yang baik dan efektif dengan mereka sebagai wujud dari memperkenalkan bisnis anda.

Buatlah sebuah posting, tweet ataupun artikel di blog dengan baik, terstruktur dan menggunakan bahasa yang benar, tuliskan juga visi dan misi anda dalam bisnis tersebut. Dengan begitu, kemungkinan besar mereka akan tertarik untuk membagikan kepada kerabat-kerabat mereka.

4. Carilah pihak / rekan yang tepat

Memilih rekan dalam berbisnis dalam mempromosikan produk kita memang tergolong susah. Carilah orang yang selalu aktif di dunia maya setiap harinya, punya banyak teman di Facebook, follower yang berlimpah dan lain-lain. Ajak lah dia untuk jadi partner anda dalam mempromosikan bisnis tersebut.

Tapi ingat satu hal, kriteria influencer atau key opinion leader adalah orang yang juga mengerti soal bisnis, bisa menjalankan bisnis dengan cara kerjasama dan bersama meraih keuntungan.

5. Tanggapi kritikan konsumen

Tanggapan ataupun kritikan dari konsumen memang kerap sekali terjadi. Rasa ketidakpuasan konsumen bisa saja timbul tanpa diduga sebelumnya. Misalkan salah satu produk kita yang telah dibelinya mengalami kerusakan yang masih dalam masa garansi, hal tersebut tentu saja akan menyebabkan retur penjualan yang harus segera dipulihkan, agar para pelanggan anda tidak kecewa.

Itulah beberapa Strategi pemasaran produk lewat media sosial yang bisa saya bagikan untuk semua, Selamat membaca dan selamat Berbisnis !! (^_^)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel