Permasalahan Etika dalam Berbisnis : Pengertian, Bentuk dan Jenisnya

Masalah Etika dalam bisnis - Etika Merupakan ilmu yang mendalami standar moral individu dan standar moral masyarakat sosial dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini mempertanyakan bagaimana standar-standar diaplikasikan dalam kehidupan kita, dan apakah standar tersebut masuk akal atau tidak. Dalam arti kata lain, didukung dengan penalaran yang rasional atau tidak ( jelek ).

Pengertian dan Permasalahan Etika Bisnis

Etika Bisnis merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah.
Ilmu ini berpusat pada standar moral sebagaimana yang diterapkan pada kebijakan, institusi dan perilaku bisnis.

Etika Bisnis merupakan studi standar formal dan sebagaimana standar tersebut diterapkan didalam sistem juga organisasi yang digunakan masyarakat modern dalam memproduksi dan mendistribusikan barang atau jasa, dan ditetapkan pada orang-orang yang berada dalam lingkungan organisasi tersebut.


Seperti apa bentuk bentuk permasalahan etika bisnis ?

Ada dua pandangan yang muncul dalam masalah ini, yang pertama adalah pandangan yang berpendapat bahwa, karena aturan yang mengikat. Organisasi tidak melarang kita untuk mengungkapkan bahwa organisasi bertindak seperti individu dan memiliki tujuan yang disengaja atas apa yang mereka lakukan.

Kita juga dapat mengatakan bahwa mereka bertanggung jawab secara moral untuk tindakan mereka, dan bahwa tindakan mereka adalah bermoral atau tidak dalam definisi yang sama, yang dilakukan oleh manusia.

Yang kedua  adalah pandangan filsuf yang berpendirian tidak masuk akal jika berpikir kalau organisasi bisnis secara moral bertanggung jawab karena ia gagal dalam mengikuti standar moral, atau mengatakan bahwa organisasi memiliki kewajiban moral.

Organisasi bisnis bisa diibaratkan selayaknya sebuah mesin, dimana para anggotanya diwajibkan untuk mentaati seluruh peraturan formal yang sebenarnya tidak punya kaitan sama sekali dengan moralitas.

Akibatnya, akan lebih tidak masuk akal lagi jika menganggap kalau organisasi bertanggung jawab secara moral karena ia gagal dalam mengikuti standar moral daripada mengkritik organisasi seperti mesin yang gagal bertindak secara moral.

Oleh karena itu, tindakan perusahaan berasal dari pilihan dan tindakan individu manusia. Individu-individulah yang harus dipandang sebagai penjaga utama kewajiban moral dan tanggung jawab moral.

Individu manusia bertanggung jawab atas apa yang dilakukan perusahaan karena tindakan perusahaan secara keseluruhan mengalir dari pilihan dan perilaku mereka sendiri.

Jika perusahaan bertindak keliru, kekeliruan itu berarti disebabkan oleh pilihan tindakan yang dilakukan oleh individu didalam perusahaan itu. Dan jika perusahaan bertindak secara moral, hal itu juga disebabkan oleh pilihan individu dalam perusahaan yang bertindak secara bermoral.


Beberapa jenis Pelanggaran Etika dalam Bisnis

Secara umum masalah-masalah yang sering di jumpai dalam pelanggaran etika bisnis dapat dikelompokkan dalam 4 macam, antara lain adalah :

1. Kegiatan Suap

Suap merupakan kegiatan terlarang dalam dunia bisnis. Meskipun terlarang, budaya suap-menyuap masih tetap eksis dan terus berkembang dari masa ke masa. Pasalnya, selain termasuk salah satu bentuk permasalahan etika bisnis, suap juga dilarang keras dalam agama dan hukum.

Contohnya adalah proses perekrutan sumber daya manusia di sebuah perusahaan. Tanpa melalui tahap yang panjang, seorang pelamar ditawarkan untuk memberi imbalan berupa uang atau properti, sehingga bisa langsung diterima dan bekerja di perusahaan tersebut.

2. Ancaman

Sering juga saya mendapat kabar dan berita mengenai perlakuan berbagai ancaman kepada sebagian tenaga kerja, agar bisa bekerja dan melakukan Proses Produksi yang maksimal, meskipun kerap mengorbankan kesehatan dan kekerasan fisik. Pihak berwenang di perusahaan memberlakukan pekerjanya dengan sedikit ancaman agar selalu produktif.


Hal ini tentu menjadi sebuah masalah internal maupun eksternal. Dimana para pekerja merasa selalu tertekan dan dikontrol penuh, sehingga bisa menyebabkan kesehatan fisik dan mental mereka terganggu. Bukan malah menjadi produktif, tapi lebih cenderung kepada pemikiran buruk untuk keluar dari zona ini, dengan melakukan berbagai cara.

3. Penipuan

Tidak jauh berbeda dengan kegiatan suap, Penipuan juga merupakan salah satu Masalah Etika dalam Bisnis yang terus-menerus terjadi hingga kini. Berbagai modus penipuan terjadi oleh oknum terkait, dengan tujuan mendapatkan keuntungan demi memperkaya perorangan maupun suatu kelompok organisasi.

4. Pencurian

Pengertian pencurian merupakan kegiatan dalam mengambil suatu benda yang seluruhnya atau sebagian milik orang lain, dengan tujuan untuk dimiliki secara utuh dan melawan hukum, diancam karena pencurian, dengan pidana dan denda.


Demikianlah, artikel kali ini mengenai Permasalahan Etika dalam Bisnis, bentuk dan Jenis pelanggan etika dalam dunia bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel