Langkah-langkah pokok dalam perencanaan pemasaran

Langkah-langkah pokok dalam perencanaan pemasaran - Kali ini saya akan membahas beberapa Langkah-langkah pokok dalam perencanaan pemasaran, dimana sebelumnya saya telah membahas masalah Marketing Plan juga, yaitu Tahap-tahap mendasar dalam Perencanaan Pemasaran.

Langkah-langkah pokok dalam perencanaan pemasaran

Berikut ini adalah Langkah-langkah pokok dalam perencanaan pemasaran, meliputi :

1. Melakukan analisis situasi

Analisis yang dilakukan dalam tahap ini adalah analisis SWOT ( Streghts, Weaknesses, Opportunities dan Threats ). Analisis ini mencakup peluang dan masalah yang ditimbulkan oleh trend an situasi pembeli, pesaing, biaya dan regulasi. Selain itu, termasuk pula di dalammnya adalah kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan.

2. Menetapkan tujuan / sasaran

Tujuan dirumuskan secara spesifilk dan mengidentifikasi tingkat kinerja yang diharapkan untuk dicapai organisasi pada waktu tertentu di masa datang, dengan mempertimbangkan realitas masalah dan peluang lingkungan serta kekuatan dan kelemahan perusahaan.

3. Menyusun strategi dan program kerja

Berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan, pengambil keputusan kemudian merancang strategi ( tindakan jangka panjang untuk mencapai tujuan ) dan program ( tindakan jangka pendek spesifik untuk mengimplementasikan strategi ).

Hasil dari perencanaan pemasaran yang berfokus pada konsumen dapat menghasilkan sebuah keunggulan bersaing melalui :
  • Harga yang lebih rendah di bandingkan dengan para pesaing untuk manfaat yang sama.
  • Keunikan manfaat yang dapat menutupi harga tinggi. Analisis keunggulan bersaing menunjukkan perbedaan dan keunikannya di antara para pesaing. Bagi perusahaan yang ingin menikmati keunggulan bersaing di pasar, antara produknya, dan produk pesaing harus dapat di rasakan di pasaran. Keunggulan bersaing diperoleh dengan mencari aspek-aspek diferensiasi yang akan di nilai superior oleh konsumen sasaran dan yang tidak mudah diduplikasikan oleh pesaingnya. 
Sumber : Tumanggor, ST, MT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel