Kenapa anda gagal walau masih di tahap Startup?

Kenapa anda gagal walau masih di tahap Startup? - Mengalami kegagalan disaat startup merupakan kegagalan yang pertama anda alami dalam memulai bisnis. Kenapa ? Karena hal tersebut adalah awal dari bisnis anda yang akan mem-boom suatu hari nanti.

Agar kejadian yang sangat buruk tidak terjadi pada saat startup anda, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Berikut adalah beberapa penyebab anda sudah gagal walau masih di tahap startup.

1. Hanya mampu merekrut, tanpa pandai berkomunikasi

Banyak para Entrepreneur beranggapan bahwa semakin besar tim yang dimiliki, maka startup nya semakin sukses pula dipandang. Tapi faktanya hal tersebut tidak benar adanya. Semakin banyak orang yang anda pimpin dalam sebuah startup, maka semakin besar pula tanggung jawab anda untuk mengetahui setiap anggota tim agar dapat membagi perannya dalam tim tersebut.


Kenapa anda gagal walau masih di tahap Startup?

Oleh karenanya, usahakan jangan terlalu banyak merekrut anggota tim yang berlebihan atau terlalu banyak, apabila anda belum mapan apalagi belum siap. Rekrutlah tenaga kerja yang sudah berpengalaman dan memiliki dedikasi yang baik ke dalam tim anda, dan gunakan juga jasa freelancer profesional untuk melakoni beberapa pekerjaan yang tidak dapat ditangani oleh anggota tim anda.

2. Apa yang perlu dan apa yang tidak perlu dilakukan, anda tidak tahu

Biasanya, kebanyakan para entrepreneur beranggapan bahwa semakin banyak pekerjaan yang telah terselesaikan, maka semakin banyak pula hasil yang akan diraih. Apakah sepenuhnya benar ? menurut saya TIDAK !! Hal tersebut belum bisa dijadikan sebagai tolok ukur dalam perhitungan sebuah bisnis. Semakin banyak pekerjaan yang terselesaikan, bukan jaminan bahwa nanti anda akan mendapatkan hasil yang diinginkan. MENGAPA ? Karna dalam berbisnis, yang dianjurkan bukan bekerja dengan keras ( working hard ) melainkan bekerja dengan cerdas ( working smart ).


Kenapa anda gagal walau masih di tahap Startup?

Ingat, yang paling penting dalam sebuah perjalanan startup adalah anggota tim / orang-orang yang ada didalamnya, termasuk anda sendiri. Hargai dan sayangi diri dan tim anda dalam memilah pekerjaan dan mengerjakan pekerjaan sesuai dengan skills dan prioritasnya.

3. Terus-menerus berargumen, tapi sangat sulit untuk belajar

Walaupun anda adalah founder dari sebuah startup, bukan berarti anda harus mengetahui segalanya. Anda juga harus mempelajari hal-hal baru agar bisa mengerti berbagai macam permasalahan dan bisa mencari jalan keluar serta solusi bersama para rekan kerja atau tim anda. 


Kenapa anda gagal walau masih di tahap Startup?

Jangan hanya memperbanyak argumen, karna dengar memperbanyak mendengar anda akan  memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk belajar. Dengan begitu anda akan mengetahui lebih banyak hal-hal baru dan bisa mengambil keputusan terbaik bahkan jauh lebih baik.

4. Melupakan diri sendiri


Kenapa anda gagal walau masih di tahap Startup?

Banyaknya pekerjaan untuk memajukan sebuah startup memang tidak dapat dipungkiri. Tapi sebagai seorang founder, anda harus dapat memberikan contoh yang baik kepada anggota tim anda. Mengetahui bagaimana cara untuk memanejemeni waktu dengan sebaik mungkin, sehingga anda mempunyai waktu untuk sedikit beristirahat dalam rangka melepas stress untuk menghindari berbagai penyakit dan meningkatkan serta mengembangkan keproduktivitas anda.


Sebagai seorang Pendiri startup, anda harus tahu dan menguasai apa yang sedang anda kerjakan saat ini. Kembali fokus dan lupakan sejenak ke-egoan anda.


Pengalaman dan kegagalan merupakan sebuah pelajaran yang sangat berharga. Anda harus berada pada posisi tertentu agar bisa merasakan sulitnya berada di sana. Bagi pemula, hal pertama dan terbaik yang harus dilakukan adalah belajar dari pengalaman orang yang sukses terdahulu.


Banyak cara dan alternatif yang bisa dilakukan untuk belajar dari pengalaman orang lain yang telah sukses, anda bisa search di internet, membaca artikel, televisi dan lain-lain.

Atau anda juga bisa mendownlad sebuah ebook gratis karya Bapak Yodhia Antariksa, MSc in HR Management ( strategimanajemen.net ), dimana blog tersebut telah dinobatkan sebagai Blog Bisnis Terbaik No.1 se-Indonesia dalam acara Pesta Blogger Indonesia tahun 2010 lalu.

Admin sendiri setiap harinya selalu berkunjung ke blog tersebut, karena selalu menyajikan artikel-artikel yang inspiratif, motivatif, mudah dicerna dan sangat maknyus.

0 Response to "Kenapa anda gagal walau masih di tahap Startup?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel